Maraknya pemalsuan sertifikat saat ini dikalangan masyarakat ,membuat beberapa Dosen Fakultas hukum Universitas Pamulang mempunyai keinginan untuk melakukan Pengabdian masyarakat (PKM) diwilayah Kelurahan Paku Jaya kec serpong ,Para dosen dan Praktisi yang tergabung didalam tim Pengabdian masyarakat (PKM) di kelurahan Paku Jaya terdiri dari 2 orang Dosen tetap Fakultas Hukum Universitas pamulang Ibu Ary Octaviyanti SH.MH , Ibu Dian Fitriana SH.MHum yang melibatkan narasumber Notaris Ibu Erizka SH.Mkn, Pengacara Didik Siswanto SH.MH dan juga 3 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang. Acara tersebut terselenggara pada tanggal 9-10 Juni 2021.

Didalam Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Paku Jaya dihadiri Lurah Paku Jaya Bapak Astari S.pd, warga Paku jaya yg meliputi RT,RW,karang taruna dan juga staf Kelurahan di wilayah kelurahan Paku Jaya. Penyuluhan dan diskusi Panel dengan Tema Tindak Pidana Pemalsuan Sertifikat Tanah Ditinjau dari perspektif Hukum Pidana berjalan sangat menarik karena banyak dari peserta (PKM) menanyakan tentang pendaftaran tanah dan sengketa tanah yg terjadi disekitar wilayah Paku Jaya,pertanyaan peserta dijawab dengan baik dan saran juga diberikan oleh tim PKM Paku Jaya Agar Peserta Yang Hadir mendapat pencerahan atau solusi terhadap Pertanyaan yang mereka ajukan.Sebagai Pemateri Ibu Ary octaviyanti SH.MH dan Ibu Dian Fitriana SH.Mhum memberikan Pemahaman pemahaman dari regulasi pendaftaran tanah dan Pidana yang menjerat para oknum yang melakukan kejahatan Pemalsuan sertifikat tanah dari sisi Akademisi , permasalahan sengketa tanah dilapangan dijawab oleh Bapak Didik Siswanto SH.MH dan untuk pendaftaran tanah terkait peran Notaris dijawab Oleh Ibu Erizka Sh Mkn . PKM ini dilakukan dengan maksud Agar masyarakat lebih waspada terhadap Kejahatan Pemalsuan sertifikat dan juga mengerti tentang pentingnya kepemilikkan sertifikat tanah sebagai bukti Penguasaan Hak Kepemilikan.


Kegiatan PKM ini disambut dengan baik Oleh Bapak Lurah Paku Jaya dan Bapak Lurah Paku Jaya mengapresiasi kegiatan PKM Fakultas Hukum Universitas Pamulang karena Penyuluhan Terhadap Permasalahan tanah memang sangat dibutuhkan diKelurahan Paku Jaya dan agar dapat memberikan Wawasan pengetahuan kepada warga Paku Jaya tentang tanah dan mengajak warga untuk lebih waspada didalam menyikapi permasalahan sengketa tanah diwilayah Paku Jaya. PKM yang dilakukan dikelurahan Paku Jaya ini merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang berdasarkan undang-undang pendidikan tinggi dapat memajukankesejahteraan masyarakat dan mecerdaskan kehidupan Bangsa. (*).

“Tindak Pidana Pemalsuan Sertifikat Tanah Ditinjau dari Perspektif Hukum Pidana” Tema yang Diusung Dalam Kegiatan PKM Dosen FH UNPAM

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *