Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Fakutas Hukum Universitas Pamulang mengaplikasikan ilmu dan pengalamannya demi kemajuan masyarakat. Tanggal 10 Juni 2021, bertempat di Desa Jagabaya, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Dwi Kusumo Wardhani, S.H.,M.Kn dan Siti Chadijah, S.H.,M.H melakukan Penyuluhan tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.


Peserta pada kegiatan ini, dihadiri oleh Pengurus Desa, Tokoh Adat, dan warga disabilitas. Di luar dugaan, warga disabilitas menyambut hangat atas diadakannya kegiatan PKM di desa mereka, “ini pertama kali kami sebagai warga disabilitas bisa berdiskusi langsung dengan pakarnya, terima kasih untuk Dosen Universitas Pamulang”, tutur Bapak Payumi.
Sepanjang kegiatan sosialisasi berlangsung, Pembicara dengan semangat memberikan motivasi dan advokasi hak-hak penyandang disabilitas dan mereka tidak boleh lelah berjuang untuk pemenuhan hak-haknya.
“Diharapkan pemerintah mengimplementasikan tujuan dibentuknya UU Nomor 8 Tahun 2016 salah satunya dengan menunjang ketersediaan aksesibilitas, dalam Pasal 99 UU Nomor 8 Tahun 2016 diatur kewajiban Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk melakukan audit terhadap ketersediaan fasilitas aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas pada setiap bangunan gedung, termasuk pemeriksaan kelaikan fungsi terhadap ketersediaan fasilitas dan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas yang merupakan syarat dalam penerbitan dan perpanjangan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Selain itu, tak kalah penting bahwa masyarakat sekitar juga harus turut aktif mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang berkualitas, mandiri, dan tanpa diskriminasi”, tutup pembicara dibarengi dengan tepuk tangan peserta.

Sosialisasi Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *