Telah terselenggara seleksi akhir PHP2D(Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) pada 16 Juni 2021 di Universitas Pamulang. Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum berhasil lolos sampai tahap seleksi akhir PHP2D ini.

Diketuai oleh Rajib(anggota bidang kominfo HIMA FH), tim yang beranggotakan 11 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang membawa judul, “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Penyuluhan Paguyuban dan Hak Tanah Ulayat yang Diakui Oleh Hukum Serta Mengenai Ketenagakerjaan, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor”.

Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian dan juga merupakan salah satu program kampus merdeka yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Latar belakang dari pemilihan judul dan wilayah penelitian di Desa Ciburayut adalah karena Desa Ciburayut yang secara geografis terletak dekat kaki gunung salak seluas 5.919,5 H. Dimana letaknya tersebut menjadikan desa ini cukup tertinggal sehingga belum optimalnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat desa ciburayut tersebut, dalam hal ini mengenai kepemilikan tanah, dilihat dari data hanya sekitar 10% dari total luas yang memiliki sertifikat tanah, ini menjadikan potensi kepemilikan tanah atau statusnya tidak jelas. Tim PHP2D ini akan membantu masyarakat Desa Ciburayut dalam mengelola tanahnya sesuai dengan hokum yang berlaku. Serta membantu mendapatkan Hak Tanah Ulayat masing-masing warganya.

Disamping itu warga desa Ciburayut salah satu pencahariannya adalah sebagai pengrajin besek bamboo, dimana akses penjualan kerajinan tersebut di topang oleh paguyuban setempat, dengan harga penjualan yang sangat tidak sesuai. Maka kelompok PHP2D ini akan melakukan penguatan peranan paguyuban sebagai perantara untuk memudahkan akses bagi pengrajin besek dengan pasar supaya menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa Ciburayut.

Seleksi Akhir PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa)

Post navigation