Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama, yang semakin penting untuk diselesaikan, karena menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita. Siapapun bisa berperan serta dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, termasuk kita. Dimulai dari lingkungan yang terkecil, yakni rumah kita, diri kita sendiri, sampai ke lingkungan yang lebih luas.
Permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama diantaranya pencemaran air, tanah, udara dan sungai. Kita ketahui bersama bahwa, penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, laut, air tanah, dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa. Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah, pasir, bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita.
Jumlah pencemaran yang sangat masal dari manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi seperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat seperti plastik, DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah.
Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang mencoba menjelaskan kepada masyarakat mengenai “Sanksi Pidana Pencemaran Lingkungan Menurut Undang-Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup” Yang dalam acara tersebut dibawakan oleh rekan-rekan mahasiswa, yakni Ichda Rizki Nadia, Lukito Dharu Pradana, Dianira Permata Chairani, Merry Asri Andani, dan Muhammad Fajar. Acara tersebut dilaksanakan di Griya Asri, RT 30/RW 07, Jelupang, Serpong Utara, BSD, Tangerang Selatan.
Kegiatan PKM tersebut berlangsung dari pada tanggal 12 juni 2021 pukul 08.30 sampai dengan 10.30 WIB, dengan diawali pembukaan oleh MC, kemudian sambutan oleh ketua RT 30/RW 07 Bpk. H. Akhmad Syafrudin S.pd, dan Ibu Wina Bugi S.H., M.H selaku Dosen Pembimbing, sesi berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi, dan diakhiri dengan penyerahan plakat beserta doorprize sebagai hadiah bagi para audience yang mampu menjawab beberapa pertanyaan dari mahasiswa.
Dengan adanya kegiatan PKM tersebut diharapkan masyarakat mampu menyadarkan bahwa penting sekali untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, mengurangi asap polusi, memisahkan jenis sampah rumah tangga, serta melakukan reboisasi. Upaya-upaya tersebut sangat bermanfaat bagi lingkungan, tentu akan menjadi lebih bersih dan menurunkan risiko penyakit berbahaya.

PKM Mahasiswa : “Sanksi Pidana Pencemaran Lingkungan Menurut Undang-Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup”

Post navigation