Bogor – Organisasi Mahasiswa Universitas Pamulang (ORMAWA UNPAM) menggelar bakti sosial dalam bentuk gerakan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir bandang dan tanah longsor yang ada di Kecamatan Pamijahan, tepatnya di Desa Cibunian pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Rasa empati ORMAWA UNPAM ditunjukkan dalam aksi nyata dengan memberikan bantuan berupa hasil donasi yang sudah dikumpulkan dari para elemen masyarakat dan orang-orang baik diluar sana dengan metode hybrid yakni dengan penjemputan donasi barang-barang dari donatur dan donasi tunai melalui rekening yang disediakan dimulai pada tanggal 1 sampai dengan 8 Juli 2022.

HIMA FH sebagai salah satu ormawa turut andil dalam kegiatan kemanusiaan atas dasar panggilan hati nurani yang tergerak dalam bentuk tindakan nyata pengabdian kepada masyarakat terdampak bencana.

Adapun perwakilan dari HIMA FH yaitu terdiri dari :

1. Erinda Sundari Saputri, selaku Wakil Ketua Umum;

2. Ricky Indra, selaku Wakil Sekretaris Umum;

3. Lamtiur Lince, selaku Bendahara Umum;

4. Naufal Adam Fadillah, selaku Ketua Bidang Sosial dan Kerohanian; dan

5. Tarida Rahayu, selaku Sekretaris Bidang Sosial dan Kerohanian.

Penyaluran donasi diawali dengan meninjau secara langsung situasi dan kondisi titik bencana alam, yang mana dari hasil peninjauan, kerusakan begitu parah terjadi sehingga rumah-rumah warga secara keseluruhan sudah tidak dapat dihuni akibat tanah sudah mengubur setengah dari rumah warga, bahkan beberapa diantaranya mengalami kerusakan total.

Air banjir dengan segala material tanah dan batu datang dari dataran tinggi melalui sungai kecil yang berada tepat di samping pemukiman. Ketika air meluap dengan intensitas yang tinggi dengan membawa tanah dan batu-batuan, sungai yang awalnya kecil menjadi meluas akibat tidak kuat menampung material yang menerjang sehingga material tersebut dengan cepat menghantam rumah warga dan mengakibatkan tembok rumah mengalami jebol dan roboh.

Dengan kerusakan yang cukup parah tersebut juga terdapat satu mukjizat yang disaksikan secara langsung oleh ORMAWA UNPAM yakni dengan tetap berdiri kokoh sebuah masjid yang berada di titik bencana. Material tanah dan batuan hanya bersandar pada tembok masjid, sedang air hanya memporak-porandakan ruangan sehingga barang-barang yang ada didalamnya sudah tidak berada pada posisinya. Namun memang secara luar, masjid tidak mengalami kerusakan.

Dengan adanya gerakan kemanusiaan ini, ORMAWA termasuk HIMA FH berharap dengan hadirnya ORMAWA UNPAM secara langsung ke masyarakat terdampak bencana menjadi salah satu penguat bagi mereka yang dilanda bencana dan sedikitnya dapat membantu meringankan kebutuhan yang sedang diperlukan. Selain daripada itu, HIMA FH berharap dengan bergeraknya ORMAWA juga dapat menjadi penyulut semangat jiwa kemanusiaan bagi seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama membantu korban bencana alam di Desa Cibunian.

#ORMAWAUNPAMBERGERAK

#DARIKITAUNTUKMEREKA

#CIBUNIANBANGKIT

HIMA FH dan Seluruh Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Universitas Pamulang Peduli Korban Bencana Alam Leuwiliang dan Pamijahan

Post navigation