Dihari Anti korupsi sedunia 2019 telah terselenggara acara sosialisasi dengan tema “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju” oleh Narasumber Bima Suprayoga (Kepala Kejaksaan Negri Tangerang Selatan). Adapun acara tersebut terselenggara pada hari Senin, 9 Desember 2019 di Ruang Anggrek Universitas Pamulang Kampus Viktor,Serpong, Tangsel.

Acara tersebut dihadiri oleh Fakultas Hukum Unpam, Pemerintah Kota Tangersng Sealatan dan Kejaksaan Negri Tangerang Selatan serta Mahasiswa Program Studi Hukum S-1. Sambutan yang diawali oleh Ferry Anka Sugandar (Dekan Fakultas Hukum) dimana beliau berkata bahwa manfaatkan acara yang bermanfaat ini sehingga memberi wawasan dan ilmu pengetahuan bagi seluruh mahasiswa. Selanjutnya sambutan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan H Benyamin Davnie beliau menututurkan bahwa korupsi menjadi musuh kita bersama dan kita semua harus melawan korupsi, mengapa korupsi banyak di pemerintah daerah dikarenakan banyaknya kewenangan yang disalahgunakan oleh para oknum dengan menggunakan kekuasaannya. Kewenangan yang luas ini dikarenakan adanya otonomi yang diamanatkan Undang-undang sehingga banyak dimanfaatkan oleh para oknum birokrat, otonomi dibuat secara hierarki bertingkat yang menjadikan koordinasi dan pengelolaan terjadi dalam konteks asas desentralisasi.

Bapak Wakil Walikota Tangsel menuturkan terhadap landasan historis Undang-undang Pemerintahan Daerah yang terjadi di Indonesia terkait kelemahan dalam aturan positif sehingga perilaku koruptif mengakar dan membudaya di tingkat pemerintahan daerah, semoga mahasiswa FH Unpam kelak akan menjadi penerang bagi nusa bangsa dalam membrantas sikap koruptif.

Sambutan demi sambutan telah diberikan selanjutnya Narasumber utama ialah Bima Suprayoga (Kepala Kejaksaan Negri Tangerang Selatan) menyampaikan inti materi dari sosialisasi melawan korupsi dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia. Pemaparan yang bermanfaat berkaitan dengan implementasi di lapangan terkait proses penyelidikan, penyidikan dan penuntutan. Beliau berharap ada sinergitas yang nyata antara Kejaksaan Negri Tangerang Selatan dengan FH Universitas Pamulang melalui perjanjian kerja bersama. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan mampu memberi sebuah kazanah keilmuan dan wawasan yang nyata terkait dinamika seputar tindakan korupsi yang menjadi musuh kita bersama. (*)

Hari Anti Korupsi Sedunia bersama Kejaksaan Negri Tangerang Selatan: “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *