Gambar 1. Struktural Unpam Terdiri Dari Rektor, Jajaran Warek, Dekan dan Kaprodi.

 

Pandemik COVID-19 merupakan musibah yang datang tanpa pandang bulu, mengakibatkan banyak element masyarakat dibuat susah karenanya. Permasalahan virus ini sudah mewabah dalam skala Internasional, dimana Negara Indonesia yang tidak terkecuali terkena pandemik virus ini. Pemerintah banyak berupaya dan mengeluarkan berbagai macam kebijakan yang sudah kita ketahui bersama yang tertuang dalam Undang-undang No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan dan turunannya Verordnung (aturan pelaksana) PP serta Keppres pun sudah dikeluarkan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi suatu pedang bermata dua, dimana masyarakat harus tetap diam dirumah dan jangan berkerumun banyak orang disatu sisi tuntutan pekerjaan dan kebutuhan lainnya yang mengharuskan orang untuk keluar rumah. Dampak COVID-19 ini sangat luas dimana Kementrian Ketenagakerjaan menginformasikan tercatat sudah ada sekitar 1,7 Jtaan yang terkena PHK karena pandemik virus ini.

Atas dasar itulah maka Universitas Pamulang bergerak membuka donasi yang tersebar di seluruh Program Studi terhadap civitas akademika Unpam. Donasi terbuka dan seikhlasnya yang diberikan dari elemen Dosen, Staff, dan bahkan Mahasiswa/i yang hendak berbagi kepada sesama di tengah kesulitan ini. Dana yang didapat dari hasil donasi seluruh prodi dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk misi kemanusiaan.

Gambar 2. Pemberian sembako secara Simbolis Oleh Rektor Unpam

Berdasarkan data penerima donasi untuk mahasiswa Universitas Pamulang yang terdiri dari berbagai Prodi tercatat mahasiswa yang terdampak baik secara langsung atau tidak langsung karena pandemik ini diantaranya adalah 145 mahasiswa dari Program Studi S1 Akuntasi, 89  mahasiswa dari Program Studi S1 Manajemen, 48 mahasiswa dari Program Studi D3 Akuntansi, 43 mahasiswa dari Program Studi S1 PKN, 108 mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Hukum, 19 Mahasiswa dari Magister Hukum, 45 mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, 191 mahasiswa dari Program Studi S1 Sastra Inggris, dan beberapa mahasiswa dari Magister Manajemen. (Sourcehttp://unpam.ac.id/unpam-berbagi-di-bulan-berkah/ )

 

Gambar 3. Pemberian sembako secara Simbolis Oleh Ketua Program Studi Ilmu Hukum S-1.

Pembagian sembako hasil dari donasi yang sudah ditutup pada tanggal 8 Mei 2020 tersebut dibagikan kepada masyarakat pada umumnya  serta  mahasiswa Unpam yang benar-benar membutuhkan dan juga para civitas akademika Unpam yang baik secara langsung dan tidak langsung terkena dampak COVID-19 tersebut. Acara pembagian sembako ini terselenggara di Gedung Viktor Kampus Universitas Pamulang pada hari Kamis tanggal 14 Mei 2020 yang dihadiri oleh Dr H. Dayat Hidayat M.M. (Rektor Unpam), Jajaran Wakil Rektor, Dan Para Dekan serta Para Kaprodi. Selain itu dihadiri pula acara tersebut oleh Kapolsek Pamulang Kompol. Supiyanto, S.H. yang secara langsung menyaksikan acara pembagian donasi tersebut.

Gambar 3. Situasi saat kegiatan berlangsung.

Acara tersebut berjalan dengan sangat tertib dan tetap mengindahkan protokol kesehatan yang menjadi aturan untuk ditaati bersama tanpa terkecuali. Semua sangat bahagia dan terbantu atas bantuan sembako yang diberikan oleh Unpam, karena perhatian kampus terhadap masyarakat dan civitas akademika memberikan pelajaran kepada kita bersama bahwa kepekaan sosial sangat dibutuhkan dalam masa sulit seperti saat ini.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan pembagian sembako tersebut menciptakan keterlekatan antara kita sesama manusia dalam menjalani hidup ini dengan penuh kebahagiaan yang diajarkan Tuhan kepada kita semua. Mengutip adagium yang dikemukakan oleh Cicero filsuf berkebangsaan Italia “Salus Populi Suprema Lex” yang artinya Keselamatan rakyat merupakan Hukum Tertinggi bagi suatu Negara. Maka sudah sepantasnya kita sesama manusia memberikan keselamatan kesehatan, kebermanfaatan, dan kepekaan antar sesama manusia demi menyelematkan bangsa Indonesia ini dari keterpurukan atas bencana Internasional karena virus tersebut. Mari kita lawan bersama COVID-19 ini dengan saling mengulurkan tangan, karena sesuai dengan Visi Misi UNPAM yang berlandaskan Humanis dan Religius. (REZ).

Universitas Pamulang Peduli Sesama di Tengah Pandemik COVID-19

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *