Pemilu/Pilkada merupakan kompetisi besar yang melibatkan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Melalui pesta demokrasi masyarakat memiliki hak secara langsung untuk memlih pemimpinnya. Proses pemilu/pilkada yang panjang dimulai dari tahap seleksi calon, proses verifikasi admnisitrasi, verifikasi faktual, proses pemilihan oleh rakyat yang cukup lama, dan yang terakhir penentuan hasil. Dalam prosesnya tentu banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para oknum, sehingga disinilah peranan Badan Pengasas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi garda terdepan dalam menegakan keadilan di tengah ketidak adilan yang terjadi baik dalam proses penyelenggaraan dan.atau hasil pemilu.

Acara e-Seminar ini diadakan atas kerja sama Bawaslu Prov. Banten bersama Fakultas Hukum Universitas Pamulang. Mengingat masa pandemik virus yang masih menyebar dan aturan dari pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka acara diselenggarakan melalui webinar via aplikasi “Zoom” pada hari kamis tanggal 21 Mei 2020. Peserta yang hadir dalam webinar tersebut dari berbagai kalangan, dari akademisi, praktisi dan masyarakat secara umum.

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Bawaslu Banten Dr. Didih M. Sudi., M.Sc beserta jajarannya, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr (H.C) Drs. H. Darsono, Rektor Universitas Pamulang Dr H Dayat Hidayat M.M. beserta jajaran Wakil Rektor, Dekan Fakultas Hukum Ferry Anka Sugandar, S.H., M.H., Ketua Program Studi Ilmu Hukum S-1 Dr. Taufik Kurrohman, S.H.I., M.H. beserta jajaranya. Serta tamu undangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Sebelum memulai acara inti, sambutan pertama diberikan oleh Ketua Bawaslu Prov Banten Dr. Didih M. Sudi., M.Sc “Senantiasa kita tetap harus semangat dalam menjalani kegiatan sehari-sehari termasuk mengabdikan diri untuk bangsa dan negara, materi yang menarik berkaitan dengan pemilu dan pilkada dimana mengingat di 2020 ini akan ada pilkada menjadi diskusi yang menarik untuk kita saksikan” ujarnya.

Selanjutnya sambutan kedua oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr (H.C) Drs. H. Darsono beliau berkata “Terima kasih kepada Bawaslu Banten dan segenap tim Fakultas Hukum dalam menyelenggarakan acara e-seminar hari ini. Walau melalui video semoga tetap senantiasa semangat. Kita harus mengambil peran terutama dalam sosialisasi di tengah masyarakat berkaitan penyelenggaraan pemilu dan pilkada.” pungkasnya.

Pemaparan materi disampaikan secara panel oleh ketiga narasumber yang berkompeten di bidangnya dimana narasumber pertama adalah Rahmat Bagja, SH., L.L.M (Anggota Bawaslu RI) mengusung tema “Penegakan Keadilan Melalui Sengketa Proses Pemilu/Pemilihan”. Narasumber kedua adalah Dr. Muhidin, SH., M.Hum (Panitera Mahkamah Konstitusi RI) dengan tema “Peran Mahkamah Konstitusi dalam Mewujudkan Keadilan Pemilu/Pilkada”. Adapun narasumber ketiga adalah Ali Faisal, SH., MH., ME (Anggota Bawaslu Provinsi Banten Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa) dengan tema “Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu di Provinsi Banten”. Pemaparan narasumber tersebut dipandu oleh moderator Wiwin W Windiantina, SH., MH. Selama kegiatan berlangsung acara berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada suatu kendala apapun.

Peserta yang hadir sangat antusias dan mendengarkan dengan penuh keseriusan, saat dibukanya sesi tanya jawab sangat banyak yang ingin bertanya kepada para narasumber yang luar biasa dalam pemaparanya. Acara e-Seminar ini selain diselenggarakan via “Zoom” panitia pelaksana menginisasikan dengan terhubung langsung ke chanel youtube “bawaslu banten” sehingga peserta yang tidak dapat masuk karena kuota yang sudah penuh dapat live streaming untuk menyaksikan acara tersebut.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan seminar ini atas kerja sama Bawaslu Prov. Banten dengan Fakultas Hukum Unpam dapat terus berlanjut dan tidak hanya berhenti pada kegiatan hari ini. Rencan-rencana besar sudah direncanakan terkait workshop, seminar, forum group discussion dll yang menciptakan suasana kebermanfaatan membuka cakrawala seluas-luasnya dan meningkatkan khazanah keilmuan untuk dapat terealisasi. (REZ).

E-Seminar FH Unpam Bersama Bawaslu Banten

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *