Dalam rangka meningkatkan pemahaman para dosen Program Studi Ilmu Hukum S-1 terhadap proses pengajuan jabatan Akademik Dosen, sebgai bentuk upaya peningkatan karir para dosen, Sabtu (30/06), Program Studi Ilmu Hukum S-1 Fakultas Hukum Universitas Pamulang mengadakan sosialisasi tentang Jabatan Akademik Dosen dengan Tema ” Urgensi Jabatan Akademik Dosen dalam Mengembangkan Program Studi” , 30 May 2020 melalui media “Zoom”. Kegiatan ini merupakan bagian dari perogram percepatan kenaikan Jabatan Akademik Dosen yang merupakan menjadi salah satu program prioritas Prodi Ilmu Hukum S-1 dalam penataan jenjang karir dosen.

Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Rektor II Bapak Dr. Subarto, M.Pd. ini ditujukan untuk menyamakan dan menyatukan persepsi dalam hal yang berkaitan dengan Jabatan Akademik Dosen dan sosialisasi beberapa kebijakan terkait. Sosialisasi ini diikuti oleh 97 Dosen internal Prodi Ilmu Hukum S-1.

Dalam sambutannya Wakil Rektor II Bapak Dr. Subarto, M.Pd. menyampaikan apresiasi kepada Program Studi Ilmu Hukum S-1 selaku penyelenggara acara sosialisasi yang telah menjalankan tugasnya melakukan sosialisasi sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan menyamakan persepsi terhadap dosen-dosen prodi Ilmu Hukum S-1 terkait pengajuan Jabatan Akademik dosen, terlebih hal tersebut merupakan suatu kewajiban absolut dosen yang harus dipenuhi.

 

 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi dosen-dosen di Internal Prodi Ilmu Hukum S-1 untuk selalu meningkatkan karir melalui kenaikan jabatan akademik dosen. Dalam Kegiatan Sosialisasi ini Ketua Prodi Ilmu Hukum S-1 Bapak Dr. Taufik Kurrohman, S.H.I., M.H. bersama Divisi Sumber Daya Manusia Prodi Ilmu Hukum S-1 Bapak Edy Mulyatno S.H.,M.H. bertugas sebgai narasumber. Materi sosialisasi berupa informasi mengenai Jabatan Akademik Dosen, persyaratan yang dperlukan serta simulasi perhitungan angka kredit. Selain penyampaian materi dilakukan dengan diskusi yang mendapat tanggapan cukup baik dari dosen yang menyampaikan permasalahan yang dihadapi mengani Jabatan Akademik Dosen. Pada kesempatan terpisah Muhamad Iqbal, selaku sekretaris Prodi Ilmu Hukum S-1 mengungkapkan Pada acara Sosialisasi Jabatan Akademik Dosen tersebut menghadirkan seluruh dosen yang dalam waktu dekat akan mengajukan jabatan akademik baik dari tingkat Asisten Ahli sampai dengan Lektor, hal tersebut bertujuan agar peserta dosen yang sedang mempersiapkan diri mengajukan Jabatan Akademik Dosen bisa saling memotivasi dan saling berkolaborasi.

Dosen yang hendak mengajukan jabatan lektor dapat membimbing rekannya yang hendak mengajukan Jabatan Asisten Ahli dan bagi dosen yang hendak mengajukan jabatan Asisten Ahli dapat melakukan kolaborasi Tri Dharma dengan Rekannya yang sedang mengajukan lektor karena sudah memiliki pengalam sebelumnya.

Setelah kegiatan sosialisasi ini kemudian akan dilakukan proses percepatan Jabatan Akademik Dosen bagi para dosen yang sudah memenuhi persyaratan dengan, sistem koordinasi terarah mengingat baik Dosen yang hendak mengajukan Jabatan Akademik Asisten Ahli ataupun Lektor telah sebelumnya di kumpulkan secara khusus melalui gorup WhatsApp guna memudahkan komunikasi dan koordinasi terutama dalam pemenuhan syarat berkas-berkas akademik. Kunci kesuksesan adalah saling mendukung dan kompak, tidak individualistik dan mementingkan ego sektoral semata. Pencapaian keberhasilan harus didukung oleh seluruh lapisan agar segala cita-cita yang diharapkan dapat terlaksanana dengan sebagai mana mestinya. Semoga dengan terselenggaranya acara ini mampu memberi suatu warna baru dan menumbuhkan kerja sama yang erat antara dosen di lingkup prodi terlebih ruang lingkup yang lebih luas juga yaitu pada tingkat Universitas. (REZ).

Sosialisasi “Urgensi Jabatan Akademik Dosen Dalam Pengembangan Program Studi”

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *