Indonesia di dalam Pasal 1 Ayat (1) Undang-undang Dasar 1945 berbunyi “Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik”. Yang ini berarti bahwa segala problematika tatanan negara dan administrasi yang berkaitan dengan birokrasi dan regulasi harus seirama dan satu warna. Kita ketahui saat ini virus mematikan sedang menyebar secara masif dan menjangkit banyak orang yang menimbulkan angka kematian yang tidak sedikit, baik pemerintah pusat dan daerah berupaya untuk meminimalisir dampak yang terjadi dengan berbagai macam cara dan kebijakan yang dikeluarkan.

Pada negara berbentuk Unitaris seperti Indonesia berlaku asas “Lex Superior Derogat Legi Inferior” yang memiliki arti hukum yang berkedudukan lebih tinggi mengenyampingkan hukum yang berkedudukan yang lebih rendah. Dalam Ilmu Perundang-undangan asas tersebut berlaku secara nyata, termasuk dengan kebijakan atau beschiking yang dikeluarkan. Fakta di lapangan terdapat tumpang tindih atau bahkan tidak saling mengisi antara satu kebijakan dengan kebijakan lainnya. Penanganan COVID-19 ini memerlukan kerja sama yang kuat antara pusat dan daerah dengan meninggalkan ego sektoral.

Atas dasar itulah maka Focus Group Discussion diadakan oleh para dosen HTN Prodi Ilmu Hukum S-1 Fakultas Hukum Universitas Pamulang. Ini merupakan bagian dari mimbar akademik yang menjiwai semangat demokrasi untuk Indonesia yang lebih kompeten dalam tatanan serta administrasi.

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Hukum S-1 Fakultad Hukum Universitas Pamulang dengan menginisiasi dosen-dosen internal untuk menumpahkan segala ilmu berkaitan dengan tema yang diusung, ini semua demi memperluas cakrawala keilmuan serta melihat suatu permasalahan dari berbagai sisi.

Kegiatan tersebut terselenggara pada hari senin tanggal 1 Juni 2020 melaui aplikasi “Zoom” mengingat pengaturan PSBB masih berlaku sehingga belum dapat dimungkinkan mengadakan acara yang mengumpulkan orang banyak.

Adapun peserta dalam FGD ini selain dosen ada juga mahasiswa yang turut serta hadir menyaksikan berkaitan dengan diskusi yang tersaji dalam acara tersebut. Peserta sangat antusias dalam menyimak ilmu yang sangat bermanfaat, karena ilmu hukum akan menjadi sempurna apabila terkorelasikan pada kasuistik yang ada di permukaan.

Semoga dengan terselenggaranya acara ini mampu memberi khazanah keilmuan di bidang hukum lebih banyak dan membuka cakrawala lebih luas. Sehingga para akademisi khususnya dosen HTN dan mahasiswa FH Unpam mampu berfikir kritis dan inovatif dalam menyikapi dinamika dan problematika ketatanegaraan Indonesia. (REZ).

Focus Group Discussion Dengan Tema “Tarik Menarik Kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah Dalam Penanganan Pandemik COVID-19”

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *