Pandemik Covid 19 sudah merebak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pandemik Covid 19 ini terjadi pada awal Maret 2020. Baru beberapa bulan terjadi, namun Pandemik Covid 19 ini sudah sangatlah berpengaruh terhadap segala sektor termasuk dalam sektor ketenagakerjaan.
Perusahaan banyak mengklaim bahwa Pandemik Covid 19 ini merupakan suatu force majeure yang mana menyebabkan perusahaan berhak untuk melakukan pemutusan tenaga kerja bahkan tanpa pesangon. Namun pada kenyataannya, pada perjanjian kerja tersebut tidak dicantumkan apakah Pandemik Covid 19 meruakan force majeure atau tidak. Hal ini membuat perusahaan bersikeras melakukan pemutusan hubungan kerja yang mengakibatkan peningkatan terhadap pengangguran di Indonesia.


Maka dari itu Program Studi Ilmu Hukum S-1 Universitas Pamulang melakukan kegiatan Focus Grop Discussion dalam aspek Hukum Perdata mengenai Penyelesaian Permasalah Perjanjian Kerja Dalam Keadaan Pandemik Covid 19 Pada hari Jumat 5 Juni 2020 dengan menggunakan aplikasi zoom dengan narasumber dosen – dosen internal yang telah ikut aktif dalam suatu perusahaan sehingga memiliki keilmuan yang luas mengenai tema kali ini.
Adapun acara ini diikuti oleh dosen-dosen aktif pada Program Studi Ilmu Hukum S-1 Fakultas Hukum Universitas Pamulang serta mahasiswa-mahasiswi Program Studi Ilmu Hukum S-1 Fakultas Hukum Universitas Pamulang. Peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang bermanfaat ini, karena pada dasarnya ilmu hukum bersifat universal dan dengan dilakukannya diskusi seperti ini maka dapat meperluas wawasan terhadap ilmu hukum tersebut.
Semoga dengan terselenggaranya acara ini maka mampu memberikan manfaat bagi keilmuan pada bidang hukum sehingga para dosen hukum perdata maupun mahasiswa dapat memberikan masukan positif dan bermanfaat dalam menyikapi dinamika dan problematika keperdataan di Indonesia khususnya bidang ketenagakerjaan. (REZ)

FGD Dengan Tema “Penyelesaian Permasalahan Perjanjian Kerja Dalam Keadaan Pandemik COVID19”

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *