“Politik Uang dengan Politisasi Bansos untuk Kepentingan Pilkada: antara Pidana Pemilu, Pidana Tipikor, atau Pelanggaran Administrasi Pemerintahan” Webinar FH Unpam Bersama Bawaslu Prov. Banten

Apa jadinya ketika bansos menjadi sebuah kepentingan pilkada dan Bagaimana jika termasuk tindak pidana korupsi, akankah KPK berkolaborasi dengan Bawaslu terkait itu. Atas dasar itu maka dianggap penting dalam hal ini Bawaslu Banten bersama FH Unpam menyelenggarakan webinar dengan mengusung tema “Politik Uang dengan Politisasi Bansos untuk Kepentingan Pilkada: antara Pidana Pemilu, Pidana Tipikor, atau Pelanggaran Administrasi Pemerintahan”.

Acara ini terselenggara pada hari rabu tanggal 17 Juni 2020 melalui video conference via aplikasi “Zoom”, dimana acara ini dimaksudkan untuk berbagai element masyarakat seperti mahasiswa, dosen dan profesional lainnya. Dalam acara ini turut serta hadir Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. (H.C) Drs. H. Darsono, Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. beserta jajarannya, dan pejabat lingkup Bawaslu.

Sambutan pertama diberikan kepada Ketua Yayasan Sasmita beliau berkata “Kita harus sedikit mengambil peran untuk memberikan pencerahan di tengah masyarakat, terima kasih atas penyelenggaraan acara ini semoga bermanfaat untuk kita dan masyarakat luas”.

Selanjutnya sambutan kedua oleh Ketua Bawaslu Banten yang diwakili oleh Pak Ocit “berterima kasih atas partisipasinya dalam kegiatan webinar ini memberi kemanfaatan bagi kita semua dengan menghadirkan narasumber dari berbagai element” tuturnya.

Lanjutnya “Pilkada yang akan diselenggarakan pada masa pandemik COVID-19 memiliki suatu tantangan tersendiri berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang dan penggunaan dana bansos yang tidak sesuai sasaran, perlu ada kesadaran yang eksplisit bagi seluruh lapisan masyarakat” pungkasnya.

Sambutan sekaligus pembukaan acara webinar oleh Rektor Unpam, acara ini terselenggara dengan baik dan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Acara ini menghadiri narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Zulfikar Arse Sadikin,S.IP., M.Si (Komisi II DPR RI), Dr. Ratna Dewi Pettalolo,S.H.,M.H (Anggota Bawaslu RI), Asep Rahman Suwandha (Kordinator Wilayah II Pencegahan dan Penindakan KPK RI), Ferry Anka Sugandar, S.H.,M.H (Dekan Fak.Hukum Unpam), Badrul Munir S.Ag.,S.H.,M.H. (Anggota Bawaslu Banten), dimana pemaparan narasumber yang dipandu langsung oleh moderator ialah Dr. Taufik Kurrohman, SH.,MH. (Kaprodi Fak.Hukum Unpam).

Meskipun peserta yang dapat join terbatas kuota 500 partisipan, akan tetapi webinar ini juga dapat disaksikan secara langsung melalui live streaming chanel (Bawaslu Banten) teruntuk masyarakat yang lebih luas. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan webinar ini memberikan sebuah pencerahan yang nyata kepada seluruh peserta dan masyarakat luas berkaitan dengan proses penyimpangan dalam prosesi Pilkada terhadap politik uang dan penyalahgunaan wewenang. (REZ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *