Penutupan Pendidikan Kemahiran Advokat Gelombang I atas Kerjasama IKADIN Banten dan FH Unpam

Pendidikan Kemahiran Advokat merupakan suatu program pelatihan yang menjadi tugas Ikatan Advokat Indonesia dalam menyelenggarakannya. Pendidikan Kemahiran Advokat yang seterusnya disingkat PKA merupakan suatu pintu awal bagi para sarjana hukum yang ingin meneruskan karirnya di dunia advokat. Ikatan Advokat Indonesia terus berupaya menyelenggarakan PKA yang berkualitas dan berintegritas serta mengedepankan kode etik yang berlaku. Dalam hal ini IKADIN DPD Prov. Banten menyelenggarakan PKA yang bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Pamulang dimana ini sudah sesuai dengan Peraturan Organisasi No. 1 Tahun 2017.

Pelantikan kepengurusan IKADIN DPD Prov. Banten dimana dalam program kerjanya yang salah satunya adalah dengan mengadakan PKA ini. Tentu banyak hambatan dan rintangan mengingat banyaknya persaingan dalam hal proses penyelenggaraan pendidikan advokat dari berbagai macam Organisasi Advokat (OA). Namun setelah melakukan konsolidasi dan pendekatan yang baik IKADIN Prov. Banten telah melakukan kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Pamulang dalam hal penyelenggaran PKA ini.

Acara penutupan PKA gelombang I dihadiri oleh Rektor Unpam Dr. H Dayat Hidayat, MM beserta jajaran Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, dan Wakil Rektor 4. Selain itu dari DPP IKADIN Banten turut hadir Sekjen DPP Ikadin Banten Bapak Arifin. Pelaksanaan berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan apapun dimana acara ini terselenggara pada Minggu 5 Juli 2020 melalui video conference aplikasi “Zoom”.

Organisasi Advokat seperti IKADIN ini dalam proses penyelenggaraan PKA tentu tidak hanya sekedar formalitas semata, namun dalam prosesnya IKADIN dan FH Unpam berkolaborasi untuk menciptakan suatu proses penyelenggaraan PKA yang efektif dan efisien serta bernilai kualitas tinggi. Ini tercermin dari narasumber/pengajar yang sangat kompeten di bidangnya, baik dari kalangan akademisi dan praktisi, serta narasumber yang mayoritas bergelar Professor dan Doktor. Pelayanan primapun kami berikan kepada seluruh peserta PKA dimana dalam penyelenggaraanya menggunakan tempat yang nyaman dan besar, selain itu peserta dimanjakan dengan sajian masakan yang berkualitas dengan menghadirkan katring masakan yang sangat enak dan  bersih memberi rasa nyaman kepada seluruhnya.

Kerja sama dengan FH Unpam bekerja sangat baik sehingga proses penyelenggaraan berjalan dengan lancar dengan tanpa adanya hambatan apapun yang berarti. Selanjutnya tugas belum selesai karena IKADIN dan FH Unpam harus terus membawa para peserta untuk lanjut kepada Ujian Profesi Advokat dan juga sumpah yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi. Semoga dengan terjalinnya kerja sama ini pelaksanaan PKA tidak berhenti sampai di gelombang I. Dimana saat ini setelah berakhirnya PKA gel I, IKADIN DPD Banten dan FH Unpam membuka gelombang II pelaksanaan Pendidikan Kemahiran Advokat . (REZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *