Focus Group Discussion Degradasi Pancasila: Mungkinkah Staatsfundamentalnorm ke Haluan Negara?

Telah terselenggara kegiatan Fokus Group Discussion yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pamulang dengan mengusung tema “Degradasi Pancasila: Mungkinkah Staatsfundamentalnorm ke Haluan Negara?” dimana kegiatan ini melalui video conference dengan aplikasi Zoom.

Isu yang diangkat dalam tema kali ini berkaitan dengan ramainya perbincangan baik di media lokal dan nasional berkaitan dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila, dimana memberikan sebuah penafsiran yang mengerucut terhadap Pancasila.

Sementara Staatsfundamentalnorm yang terdapat di Indonesia merupakan norma tertinggi yang seyogiyanya tidak lazim jika di atur oleh formell gesetz secara hierarki di bawah kedudukan Pancasila itu sendiri.

Perdebatan panjang terjadi dari kalangan politisi sampai akademisi bahkan masyarakat, ini menjadi kajian yang menarik sehingga perlu ada pandangan yang dinamis dan tetap mengedepankan kaidah-kaidah hukum yang berlaku.

Kegiatan ini terselenggara pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 dimana dalam acara ini turut hadir Dekan Fakultas Hukum dan Ketua Program Studi Ilmu Hukum S-1 Universitas Pamulang. Peserta dalam kegiatan ini dari kalangan dosen beberapa perguruan tinggi dan mahasiswa.

Dalam FGD kali ini menghadirkan narasumber dari tiga perguruan tinggi yang berbeda, dimana unsur pertama dari Universitas Pamulang yaitu Indra Syahrial, S.H., M.H., yang kedua Milzam Elkarami, S.H., M.Kn. dari Universitas Muhammadiyah Tangerang, dan Narasumber ketiga Allan FG Wardhana, S.H., M.H. dari Universitas Islam Indonesia.

Pemaparam yang menarik dan diskusi yang hangat menyuguhkan materi yang memperluas cakrawala wawasan terhadap isu yang hangat saat ini berkaitan dengan substansi dari RUU HIP ini.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu memberi kazanah baru dari para narasumber yang kompeten di bidangnya dengan penafsiran dan pengkajian yang luas. (REZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *